Kumpulan Informasi Teknologi Terbaru 2014-2015

Alat Alat Input Proses Output Pada Komputer

Info Terbaru - Alat Alat Input Pada Komputer - Alat Alat Proses Pada Komputer - Alat Alat Output Pada Komputer - Komputer merupakan kumpulan komponen-komponen hardware yang saling bekerja satu sama lain, komponen-komponen atau alat-alat komputer tersebut mempunyai tugas masing-masing, mereka bekerja satu sama lain untuk menghasilkan suatu data salahsatunya data yang dapat ditampilkan pada Monitor komputer. Dengan adanya saling keterhubungan antar komponen atau alat ini maka, komponen komputer tersebut mempunyai fungsinya masing-masing agar dapat bekerja dengan baik dan juga sebelum itu kita harus mengetahui alat-alat tersebut.
Pada artikel kali ini Info Terbaru akan memberikan sedikit ulasan tentang alat input komputer, dan juga artikel alat output pada komputer.

Alat Masukan (Input Device)

Alat masukan (Input Device) mempunyai kegunaan sebagai suatu alat yang bisa menmasukan data dari luar untuk kemudian diproses oleh prosesor dan juga memori sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi data.

Dibawah ini merupakan alat input pada komputer :
  • KeyboardAlat Alat Input Proses Output Pada Komputer,
Keyboard adalah peralatan input yang sangat penting dalam suatu pengolahan data menggunakan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
  • Mouse
Mouse adalah salah satu input device yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
  • Touchpad
Touchpad berfungsi untuk pengganti mouse pada laptop/notebook.
  • Microphone
Microphone berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang kemudian akan disimpan dalam memori komputer dan untuk berbicara saat sedang chatting atau video call.
  • Webcam
Berfungsi untuk mengambil gambar/video untuk ditransfer ke internet, webcam juga dapat berfungsi untuk video call.
  • Scanner
Scanner digunakan untuk menyalin/mengambil gambar file dari luar komputer dan kemudian hasilnya akan ditampilkan di komputer.

Alat Proses Pengolahan Data (Process Device)

Peralatan proses merupakan pusat proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi ke peralatan Output.
Dibawah ini merupakan Alat Pemrosesan (Process Device) pada komputer : 
  • Motherboard
Motherboard merupakan salah satu perangkat dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan lain seperti: Processor, memory, kabel-kabel data (penghubung) hardisk, Flopy disk, Card (kartu) sepeti: VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lain sebagainya.
  • Processor
Processor yaitu sebuah Chip yang merupakan otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja satu dengan lainya.
  • RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.
  • Video Card
Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor.
  • Sound Card
Sound Card memiliki fungsi sebagai pengolah data berupa audio atau suara dan sebagai penghubung alat input/output suara ke komputer.

Alat Keluaran (Output Device)

Peralatan keluaran yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar.
Dibawah ini merupakan alat Keluaran (Output Device) pada komputer :
  • Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.
  • Speaker
Speaker memiliki fungsi untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.
  • Printer
Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.

(Terimakasih : artikelarunals.com)

Terimakasih telah berkunjung di infoter-baru.blogspot.com dalam artikel yang berjudul alat-alat input proses output pada komputer.
Semoga artikelnya bermanfaat dan selamat belajar tentang komputer.

Alat Alat Input Proses Output Pada Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yaya Nurcahyadin